35 Jemaah Haji Sulsel Wafat, 3 Meninggal di Tanah Air

Jemaah Haji Embarkasi Makassar Kloter 33 tiba di Bandara Hasanuddin - (foto: dok Kemenag Sulsel)

CELEBESMEDIA.ID, Makassar - Musim haji 2024 khusus embarkasi Makassar akhirnya berakhir per Minggu (21/07) kemarin, dari  keseluruhan jemaah yang diberangkatkan dan dipulangkan, 35 jemaah wafat, Jum'at (26/07/2024).

Tahun ini, sebanyak 35 jemaah haji yang wafat, dengan rincian 32 diantaranya menutup usia di Arab Saudi, sementara 3 jemaah lainnya wafat di Tanah Air (Indonesia).

"Tahun ini ada 35 orang yang wafat kalau dari data kami, rinciannya ada 32 orang yg wafat di Arab Saudi, 3 orang lainnya wafat di Tanah air, " Jelas Kepala Bidang (Kabid) Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Kementerian Agama (Kemenag) Sulsel, Ikbal Ismail, saat dihubungi via WhatsApp.

Jumlah jemaah yang wafat tahun ini jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya, mengalami penurunan nyaris 50 persen. Pada tahun 2023 lalu, jumlah jemaah yang wafat terdapat 69 orang.

Ikbal mengatakan, penyebab kematian sejumlah jemaah haji embarkasi Makassar cukup beragam, ada yang disebabkan karena serangan jantung, Radang Paru-paru (Pneumonia), tekanan darah tinggi (Hipertensi).

"Sebabnya macam-macam, tekanan darah tinggi, Paru-paru, tapi kebanyakan ini berkaitan dengan Jantung, " Ujarnya.

Sebelumnya diberitakan di Kemenag Sulsel, Kepala Kantor  Wilayah (Kakanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Sulawesi Selatan (Sulsel), Muhammad Tonang menyampaikan, total jemaah haji asal Sulsel yang telah tiba di tanah air yaitu sebanyak 7.837 jemaah yang terdiri dari 5.247 jemaah perempuan dan 2.590 jemaah laki-laki. 

Sedangkan untuk jemaah yang berasal dari luar provinsi sulsel namun embarkasi Makassar, sebanyak 8.466 jemaah dengan rincian 5.241 jemaah perempuan dan 3.225 jemaah laki-laki. Ditambah 161 petugas laki-laki dan 145 petugas perempuan.

Total keseluruhan jemaah haji khusus embarkasi Makassar yaitu sebanyak 16.609 yang telah tiba dan bertemu dengan keluarga dalam keadaan selamat di tanah air.

Laporan: Riski