KPU Makassar Gelar Uji Publik Penataan Dapil Pemilu 2024

CELEBESMEDIA.ID, Makassar - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Makassar menggelar Uji Publik terkait rancangan penataan Daerah Pemilihan (Dapil) untuk Pemilu 2024 di Hotel Claro, Jumat (16/12/2022).

Komisioner KPU Makassar, Gunawan Mashar mengatakan uji publik merupakan akhir daripada pembahasan rancangan Dapil dan kursi DPRD Makassar.

"Uji publik ini semacam ujung tapi sangat memungkinkan untuk menambah masukan untuk penguatan opsi Dapil yang akan kami finalisasi," ucapnya.

Dia menuturkan sebelum uji publik dilakukan, KPU Makassar menggelar Forum Group Discussion (FGD) dengan mengundang berbagai pihak untuk memberi masukan terkait rancangan Dapil yang diusulkan.

"Sebelumnya kita sudah FGD dengan melibatkan banyak pakar, karena kapasitas kami terbatas meskipun kami diamanatkan oleh undang-undang untuk merencanakan Dapil," ujarnya.

Selain itu, Gunawan mengaku tetap butuh banyak stakeholder untuk memperkuat dasar-dasar rancangan KPU Makassar.

"Sehingga bisa lebih baik finalisasi yang ditetapkan nantinya," terangnya.

Adapun tahapan berikutnya setelah uji publik ini, lanjut Gunawan, KPU Makassar menyerahkan hasil pembahasan tersebut ke KPU Sulsel dan diteruskan ke KPU RI.

"Mulai besok sampai 18 Desember 2022, kita masuk tahap finalisasi rancangan penataan Dapil. Pada tahap finalisasi ini, hasilnya akan kami serahkan ke KPU RI. Nanti penetapan Dapilnya ditetapkan oleh KPU RI," pungkasnya.

Selain pembahasan Dapil, Uji Publik itu juga membahas alokasi kursi anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sulsel untuk Pemilu 2024.

Uji Publik itu dihadiri sejumlah organisasi kemasyarakatan/kepemudaan dan stakeholder terkait termasuk anggota partai politik (Parpol).

Dalam kegiatan ini hadir langsung lima komisioner KPU Makassar, yakni M Faridl Wajdi, Endang Sari, M Gunawan Mashar, Abd Rahman, dan Romy Harminto.

Laporan : Darsil Yahya