4 Tips Membeli Rumah di Lokasi Strategis

Ilustrasi - (foto by pixabay)

CELEBESMEDIA.ID, Makassar - Saat seseorang memutuskan untuk membeli suatu rumah, ibaratnya menginvestasikan kehidupan di sana. Karenanya perlu ketelitian dan lebih berhati-hati dalam membeli rumah.

Ada beberapa hal yang harus dipastikan saat membeli rumah agar tidak salah dalam berinvestasi.

Berikut ini 4 tips membeli rumah yang dikutip dari ANTARA, Minggu (3/12/2022)

1. Fasilitas pendukung

Sangat perlu untuk memastikan fasilitas pendukung yang terdapat di sekitar rumah atau perumahan.

Pembeli rumah mungkin membutuhkan sarana olahraga, tempat bermain untuk anak, kolam renang, dan fasilitas pendukung lainnya.

2. Pastikan Sertifikat Kepemilikan

Terdapat banyak faktor yang harus dipertimbangkan selain beberapa hal, karenanya usahakan untuk tidak terburu-buru saat membeli rumah.

Salah satu yang perlu diperhatikan adalah sertifikat kepemilikan rumah.

Jika jenis sertifikat rumah bukan Sertifikat Hak Milik (SHM) dan Sertifikat Hak Guna Bangun (SHGB), maka sebaiknya pembeli membatalkan pembelian. Ini karena kedua jenis sertifikat itu merupakan jenis sertifikat yang kepemilikannya paling kuat saat ini.

3. Pilih agen terpercaya

Pastikan untuk membeli hunian melalui agen terpercaya. Saat ini sudah banyak tersebar agen terpercaya yang bisa dijadikan andalan untuk mendapatkan saran pembelian rumah yang tepat.

4. Pilih metode pembayaran sesuai kemampuan

Apabila sudah memutuskan suatu hunian, maka tentukan metode pembayaran yang sesuai dengan kemampuan. Head of Agent Account Management Pinhome Panca Satria menyampaikan ada beberapa pilihan metode pembayaran yang cocok untuk profil pembeli yang berbeda.

Metode pembayaran yang cocok untuk pembeli rumah pertama atau first time home buyer adalah cicilan uang muka dan dilanjutkan dengan KPR.