Ladies Program Apeksi 2023 akan Hadirkan Peragaan Busana Baju Bodo

CELEBESMEDIA.ID, Makassar – Ladies Program menjadi salah satu rangkaian kegiatan Rakernas Apeksi XVI 2023 yang akan dihelat hari ini, Kamis (13/7/2023).

Kegiatan yang dihelat di Benteng Rotterdam ini rencananya akan dihadiri para istri walikota yang menjadu perserta Apeksi. Ada beragam pertunjukan menarik yang akan ditampilkan. Salah satunya fashion show atau peragaan busana baju bodo yang menjadi baju adat bugis.

Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP3A) Makassar , Achi Soleman menjelaskan peragaan busana senagaja menampilkan baju bodo  untuk menampilkan transpormasi baju bodo kepada para istri walikota yang hadir dalam Rakernas Apeksi, sekaligus mengedukasi pentingnya melestarikan baju adat Bugis Makassar tersebut.

“Nantinya kita hadirkan  fashion show baju bodo. Ini untuk memperlihatkan jika baju boda tetap lestari dari dulu hingga sekarang. Baju bodo ada sejak dulu kala ternyata mampu bertahan dari model yang biasa atau tradisional ke modern yang biasa digunakan ke pesta-pesta saat ini. Hal ini menujukkan kita tetap melestarikan baju bodo dan kedepannya memang harus seperti itu,”  jelasnya kepada CELEBESMEDIA.ID, Kamis (13/7/2023).

“Tidak hanya fashion show seluruh pantia juga nantinya akan seragam menggunakan baju bodo yang dipadukan dengan sarung corak labba,” lanjutnya.

Selain fashion show baju bodo, dalam Ladies Program juga akan menyuguhkan beragam kue tradisional serta ritual budaya yakni mappasiori waju.

“Kita akan suguhkan kue – kue tradisional kepada istri – istri walikota yang hadir. Beragam kue ini menajdi keunggulan Kota Makassar sebagai kota makan enak. Selain itu ada juga ritual adat mappasiori waju yang bermaksud untuk mendoakan anak -  anak di Kota Makassar agar mereka tidak hanya suskes meraih cita-citanya tetapi juga terlahir sebagai sosok dengan kepribadian yang baik dan dewasa. Ritual ini sejalan dengan program Walikota Makassar yakni jagai anakta,” jelasnya.

Pantauan CELEBESMEDIA, Kamis siang, persiapan kegiatan Ladies Program sudah hampir rampung. Kursi untuk para tamu telah tersusun rapi. Booth untuk memamerkan produk UMKM makassar juga telah berdiri. Rencanaya Ladies Program akan berlangsung Kamis sore pukul 16.00 Wita hingga 18.00 dan dibuka umum bagi warga yangingin menonton pertunjukan dan mengunjungi booth UMKM.